Profesi / hobi otak-atik sepeda motor memang mengasyikkan, dari paling sederhana seperti merawat rantai roda, cek busi sampai yang paling sulit seperti bongkar pasang mesin ataupun menangani kasus kelistrikan yang bisa bikin rambut kepala cepat beruban (he...he...), apalagi kalau sudah terkena trouble shooting kelistrikan digital untuk motor-motor jaman sekarang " Injection System / Sistem Injeksi " bisa-bisa bikin rontok seluruh rambut kita.
Namun sobat otomotif tidak perlu khawatir, kali ini kami share-kan tips ringan mengenai "Sistem Kelistrikan" Sepeda Motor SupraX125. Coba lihat dan amati dengan seksama gambar dibawah ini :
Wah ..., rumit juga yach ....?
Eit..., tunggu dulu masih ada penjelasan lanjutannya .... ,
Gambar diatas merupakan sarana belajar efektif untuk menguasai alur sistem kelistrikan (Wiring Diagram). Hal ini mempermudah kita dalam mempelajarinya dibandingkan langsung ke unit sepeda motor dimana harus ngurutin satu persatu alur kabelnya. Apalagi kalau kabel-kabelnya sudah termodifikasi oleh tangan-tangan tidak bertanggungjawab, pasti warna kabel standar pabrikannya sudah berubah semua alias warna mendung kelam.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat maket wiring diagram - nya dibawah ini :
Maket wiring diagram dari gambar diatas sudah dilengkapi dengan kode-kode warna kabel standar pabrikan, termasuk skema/letak kabel (warna) pada CDI/ICM (Ignition Control Module), Regulator Rectifier (Kiprok) dan Relay Starter (Bendig).
Wah ..., kliatannya lebih cocok untuk temen-temen training, SMK dan LPK kali ya .....?
Tidak juga ... !,
Sekarang mari kita bahas salah satu contoh "Trouble Shooting" Sistem Kelistrikan
"Memfungsikan Komponen HORN (Klakson)"
Komponen yang bekerja : Battery - Fuse (Sekring) - Kunci Kontak - Switch Horn (Tombol Klakson) - Horn (Klakson)
Alur Kabel Arus : Battery (R) - Fuse 15A (R1) - Fuse 15A (R2) - Ignition Switch (R) - Ignition Switch (R/Bl) - Fuse 10A (R/Bl) - Fuse 10A (Bl) - Switch Horn (Bl) - Switch Horn (Lg) - Horn (Lg)
Alur Ground / Massa : Battery (G) - Horn (G)
Setelah kabel tersambung sesuai alurnya Kunci Kontak di ON kan kemudian Tombol Horn ditekan - bunyi dech ( Diiiiin Diii......iiin)
Keterangan warna kabel :
R = Red (Merah)
R/Bl = Red/Black (Merah/Hitam)
Bl = Black (Hitam)
Lg = Light Green (Hijau Muda)
G = Green (Hijau)
Coba perhatikan gambar skema wiring berikut ini :
Nah ... , mudah kan ... , dengan memilah-milah salah satu fungsi komponen untuk latihan tidak ada yang sulit,
"Trouble Shooting , Sistem Kelistrikan" ... That's No Problem
bro numpang nanya. motor saya supra x 125 2010. sepertinya akinya rusak, dipake lampu sen display mati kaya ga kuat. starter jelas ga respon. saya sudah buka aki keringnya trus saya ukur di terminal dari motor terukur sekitar 5-6 VDC saja dengan AVO digital, langsam stasioner. apakah itu normal ? trus saya juga cas aki saya dengan adaptor ac-dc 12 Volt. tetapi sewaktu dipasang tidak kuat juga buat stater. mungkin sudah lemah. apakah kiprok saya rusak dengan baterai2 nya ?
BalasHapusthx.
Maaf, baru sempat balas, sibuk ngurus usaha,
HapusPertanyaan : apakah accu sudah diganti baru ?
Jika belum ganti accu baru berarti sel accu sudah tidak mampu menyimpan arus (soak/aus), apalagi tegangannya hanya 5-6VDC , Normal kondisi accu baru atau setelah penyetroman adalah 12,5 s/d 12,75 VDC , sehingga secara umum kalau VDC-nya dibawah angka 10VDC maka segera ganti accu baru, karena SupX125 komponen elektriknya menggunakan A-VDC, untuk lebih lengkap silakan contact email ke mans.news@ymail.com, suwun,
Blh minta nmor wa broo mau nanya nih knpa lmpu kntak saya pas di nyalahin nyala tapi lngsung mati lagi?? Pas di starter lmpunya nyala tapi kayak gaara aqinya, gmn Yaa
Hapusmas bisa minta wiring diagram suprax 125
BalasHapusni email saya sadikul.fuad@gmail.com
Mas Fuad, gambar wiring diatas kalau diklik juga bisa kelihatan, baik saya akan kirimkan ke email anda ...,
Hapusgambar di atas terlalu kecil resolusinya mas???
Hapuso iya,,apakah wiring diagram diatas sama dengan milik kharisma mas,,,ini gambarnya
http://jakatriyana.blogdetik.com/index.php/ngethuprus-poll/diagram-kelistrikan-honda-supra-supri/
Ya, secara prinsip sama ... , sebetulnya mau saya scan-kan tapi belum sempat, maaf ya ...
HapusMas, tolong kirimin ke e-mail saya juga donk wiring diagramnya. lagi perlu bangat ini, motor saya kok displaynya selalu terganggu/hidup-mati kalo saya klakson, lampu sen, dan stater.. kira2 apanya ya??
HapusTerimakasih sebelumnya..
black.mung@gmail.com
silakan baca kolom komentar tentang sistem pengisian battery pada postingan blog ini berjudul "Sistem Pengisian Battery" keterangan sangat jelas mengenai keluhan anda, bisa jadi sebabnya karena battery sudah saatnya minta ganti / socket kabelnya yg kendor, wiring akan sgr sy emailkan, salam ... ,
HapusMasih bingung bro..
BalasHapusaq dsuruh buat laporan klistrikan
aq msih dpet 1 aja.. yg Starter
cma yg lampu Riting sma Lampu depan/belakang susah bro.
klik gambar diatas - diperbesar - pasti mudah dipelajari / silakan menghubungi via email ke mans.news@ymail.com untuk konsultasi teknisnya,
HapusSdr. Tito,
BalasHapusAda baiknya kabel & socket-socketnya sampeyan periksa kemungkinan ada korsleting, jika kasusnya semacam ini lebih sering korsleting terjadi pada :
1.Kabel body bagian belakang dekat socket lampu belakang yang berhimpitan / bergesekan dengan rangka body slebor, silakan bongkar cover bodynya kemudian periksa apakah ada bekas korsletingnya.
2. Korsleting bisa terjadi pada area kabel body sub speedo bagian bawah kemudi
3. Korsleting bisa terjadi pada area socket dalam cover lampu depan (totok lampu)
Silakan ketiga lokasi kemungkinan korsleting dari yang pertama,
Demikian penjelasan dari saya, suwun
kalo mau ngoprek kelistrikan Supra X 125 untuk yang single lamp dari AC [halfwave] ke DC [fullwave] bagaimana ya bro ?
BalasHapusBisa beri cara yang simple gak ?
Terima kasih telah mengunjungi blog ane,
BalasHapusUntuk urusan ngoprek-2 motor jelas caranya cukup panjang, apalagi mengenai kelistrikan, Untuk simple rangkumannya :
1. modifikasi spull lampu dimana output kabel kuning yang semula satu dibuat menjadi dua output, disesuaikan dengan kemampuan voltase puncak dan besar input arus ke accu
2. modifikasi / buat rangkaian regulator rectifier gelombang penuh
Demikian moga bermanfaat ... ,
sya psang led d mtor sya dan ckup memuaskan sya,sya gbungkan dgn lmpu malam!pertnyaan sya kw led sya tu mw nyala trus siang mlm, sya hrus menymbungkanya kmna mas?mhon ptunjuknya....
BalasHapusMas Bejo, makasih sudah mampir di blog saya,
Hapusyang ingin saya tanyakan, merk & tipe motor sampeyan apa ?
Secara umum untuk menghidupkan lampu bersamaan dengan mesin hidup adalah dengan menyambungkan arus dari bagian saklar lampu utama di bagian kemudi sebelah kanan, biasanya warna kabelnya kuning, sedang massanya bebas disambungkan dengan body/kabel body terdekat,
mungkin sementara demikian dulu yang bisa saya jawab,
Selamat mencoba,
motor sya supra x thun 2002 mas...mkasih juga mas ats infonya tar sya akan coba dlu!bnyak rangkaian2 yg menyajikan cara memodifikasi altenator agar amperenya naik,menrut mas gmna mnrut mas sendri?
BalasHapusuntuk memodifikasi alternator harus mempertimbangkan banyak hal, karena dengan ampere yg naik akan menghasilkan panas melebihi kondisi standar, jika ini terjadi maka, pertimbangkan & hitung kekuatan/ketahanan bahan komponen berikut ini:
BalasHapus1. Kekuatan bahan kabel,
2. Kekuatan bahan saklar,
3. Kekuatan bahan bohlamp/lampu,
4. Kekuatan socket lampu
5. Kekuatan bahan reflektor lampu, dll,
Hal ini tidak lain bertujuan untuk safety atas kondisi yg tidak diinginkan, seperti korsleting yg dapat mengakibatkan kebakaran.
Salam,
om,, ane minta gambar wiring'y donk...
BalasHapuslagi pengen blajar nih..
thanks..
mas mohon bantuannya.. motor saya sering saat stater spidometernya tidak hidup.. kadang harus di engkol baru hidup spidonya.. knp ya??
BalasHapusbs tolong jawab ke email saya mas.. (add_diel@yahoo.com)
AKTA: Hampir semua tawaran bisnis yang Anda terima mengharuskan Anda untuk membayar iuran bulanan atau pembelian produk setiap bulan. Tanpa peduli apakah Anda sudah memperoleh keuntungan atau belum. Sehingga yang Anda rasakan hanya Rugi atau TEKOR, terutama di saat-saat awal Anda memulai bisnis.
BalasHapusPertama di Indonesia, sistem bisnis Tanpa Belanja Bulanan, Modal hanya satu kali, peluang mendapat Penghasilan BESAR selama-lamanya. BUKTIKAN! CUKUP ANDA DOWNLOAD PANDUAN DI http://goo.gl/AD13E
mas, mtor saya supra 125 2010
BalasHapusscara garis besar kelistrikan sdh byk dirubah (sdh fullwave) nah, udah 3minggu lalu klakson gbs, sy pake klakson denso mbil, sblmnya sh udah trpasang 2th lbh ga ada mslh, cuman yg jd penyakit kbel kontak yg warna merah it tdk mengeluarkan arus, tp anehnya semua indikator jalan, sein, lampu, dobel stater tdk ada mslh, cuman klakson aja yg tdk bs.klakson sdh d pake relay, dan kalo d tekan tmbol klakson nya bunyi tek tek gt,
apa in yg brmslh karna aadanya kerak di switch nya?
bls via email saya dng mas
bayu.dwiky@rocketmail.com
trims
Mas bro, motor saya supra x 125R,
BalasHapusPermasalahannya, kelistrikan drop,
Padahal aki normal, 12 vdc.
Kira" apa yah kendalanya,
Email saya: adiah4699@gmail.com
Gan mau nanya, mau buat lampu senja yg saklarnya ngikut lampu utama, caranya gimana ya?
BalasHapusHonda saya supra x 125 injeksi thn 2016 masalahnya lampu besar depannya tidak hidup dan saya mau tanya skring untuk supra x 125 injeksi warna merah berapa amper sbnarnya di gunakan standard kr sudah 2kli saya ganti skring kendaraan saya...sampai baterai kendaraan saya baru ganti 2 bulan sudah rusak tidak bisa di gunakan. Kr kendraan saya ini baru saya pakai jdi saya tidak tau skring merah brap amper yg di gunakan kr di sini 7,5 amper tlog di blas cepat ya.
BalasHapusMas. Kalo boleh Mau minta wiring diagram nya suprax125.
BalasHapusIni Email saya : amaruenel9@gmail.com