Bidang ukur teknik pada sebuah komponen
sepeda motor sangat jarang sekali mendapatkan porsi pembahasan yang
memadai, hal ini tak terlepas dari basic pemahaman "komponen rusak / aus
langsung ganti".
Langsung to the point saja yah ...,
Kesimpulan ini saya ambil dari pengamatan rata-rata tools "alat ukur"
yang dimiliki oleh bengkel resmi / bengkel umum, yaitu berupa alat ukur
metrik jangka sorong dan mikrometer. Dimana kedua alat ukur itu hampir selalu melekat dalam analisa teknik untuk menentukan kerusakan / keausan sebuah komponen.
Namun belum banyak mekanik mengetahui proses pengukuran pada bidang ukur teknik secara tepat.
Secara garis besar (hirarki pengukuran) sebuah komponen yang mengalami
kerusakan / keausan adalah pada bidang yang mengalami banyak gesekan
antar komponen.
Contoh menentukan keausan poros shock absorber depan adalah pada luas
bidang poros shock yang bergesekan dengan seal shock, dimana jarak
antara A-B adalah bidang ukur teknik yang tepat.
baca selengkapnya di : http://rahasiateknik.blogspot.com/2012/06/bidang-ukur-teknik.html
Breaking !! Motor Idaman Datang…New Forza 250 Terbaru Resmi dirilis !!
-
Iwanbanaran.com – Cakkk….Akhirnya Motor Idaman datang cak. Siapa lagi kalau
bukan New Forza 250 Terbaru 2025. Sebuah generasi yang sudah semakin
improve le...
2 jam yang lalu
Mantaf pak,sukses slalu pak.
BalasHapusRachmadholic
Sama-sama mas Rachmadholic,
Hapus